Rabu, 09 Desember 2009

LOVE YOUR HAIR

LOVE YOUR HAIR

    Buat cewek rambut adalah mahkota yang bisa menentukan kecantikan bagi orangnya. Makanya bad hair day bisa bikin kita gak pede banget. Hal ini dibuktikan oleh surfey yang menyatakan lebih dari 85% cewek dan cowok menjadi kurang pede karena masalah rambut dan kulit kepala, yang berambut lurus pengen keriting, yang keriting pengen lurus, yang tebel pengen ditipisin sedikit sedangka yang tipis pengen tebel, begitulah sifat menusia yang selalu merasa tidak puas. Dalam usaha mendapatkan bentuk rambut idaman, mau tidak mau kita nglibatin berbagai bahan kimia yang punya efek samping bikin rambut rontok, patah-patah, bercabang atau berketombe.
    Sebelum tahu cara-cara menghindari kerusakan rambut, kita harus tahu dulu bahwa kulit kepala tersusun oleh dua lapisan besar yaitu lapisan epidermis dan dermis. Rambut yang normal tumbuh 1-2 cm setiap bulan dan umurnya bisa mencapai 2-4 tahun. Tapi itu tergantung dari berbagai faktor seperti jenis kelamin, usia, jenis rambut, keturunan, serta kesehatan seseorang. Ada lima jenis rambut yaitu : sangat kasar, kasar, normal, halus dan sangat halus. Semakin kasar rambut lapisan kutikulanya juga semakin tebal. Karena itu semakin keras dan kasar jenis rambut semakin sulit bahan kimia terserap. Sedangkan jika dilihat berdasarkan kondisi rambut dapat dibedakan atas tiga jenis yaitu : normal, kering dan berminyak.
     Masalah-masalah rambut yang pertama adalah ketombe, ketombe adalah sel-sel kulit mati dan kotoran yang lepas melalui pori-pori kulit kepala. Sebenarnya itu proses yang normal banget kalau enggak sampai berlebihan. Fakto-faktor yang menyebabkan ketombe yaitu penggunaan kosmetik rambut yang salah, jarang keramas atau pas keramas mencucinya kurang bersih, tekanan emosi dan stress. Cara mengatasinya yang paling penting harus rajin keramas, menggunakan hampoo anti ketombe, jangan merokok  dan istirahat yang cukup. Masalah yang kedua adalah rambut rontok ada batas normal untuk kerontokan rambut dalam sehari rontoh 50-100 helai. Tanda-tanda rambut mulai rontok secara berlebihan bisa dilihat waktu kita menyisir, bangun tidur, dan saat keramas. Kalau banyak rambut yang tertinggal di batang sisir, bantal dan lantai kamar mandi berarti itu gejala rambut mulai rontok berlebihan. Cara mengatasinya kalau rambut udah terlalu panjang sebaiknya dipotong, keramaslah 2-3 hari sekali, menggunakan sisir bergigi jarang, sesekali hair mask ke salon dan menggunakan hair tonic setelah keramas.
 Masalah rambut yang ke tiga adalah bercabang, masalah bercabang dan pecah-pecah bikin gak enak dilihat. Masalah ini karena rambut sering terkena bahan kimia atau penggunaan pengering rambut yang berlebihan. Cara mengatasinya lakukan creambath sebulan sekali, gunakan shampoo untuk rambut kering, dan trim rambut minimal 4 minggu sekali. Dan masalh yang terakhir adalah beruban, sebenarnya uban merupakan hasil proses alami berkurangnya melanin zat yang diproduksi oleh folikel rambut seiring dengan pertambahan usia. Hal tersebut dipengaruhi oleh keturunan, pola makan yang salah dan kondisi psikologis. Cara mengatasinya dengan mewarnai rambut tapi pewarna yang berbahan dasar alami, dan hindari stress.

0 komentar:

Posting Komentar