Rabu, 09 Desember 2009

SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN
ASPEK GEOGRAFIS


Menurut saya segmentasi pasar adalah proses membagi-bagikan pasar yang semula berprilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berprilaku lebih seragam. Atau proses mengelompokan bagian-bagian pasar yang berprilaku sama dari keseluruhan prilaku pasar yang beragam. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan prilaku yang lebih seragam atau homogen.
Produk dapat dirancang sesuai dengan masing-masing segmen pasar yang berbeda. Dengan karakter dan prilaku yang lebih homogen, masing-masing segmen pasar dapat dipenuhi kebutuhannya lebih baik. dengan kata lain, masing-masing kelompok pasar  dipenuhi oleh produk dan pelayanaan yang sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya pasar dikelompokan berdasarkan criteria tertentu seperti tempat sayuran, makanan, peralatan rumah tangga, pakaian, dan kebutuhan lainnya dipisah-pisah berdasarkan kelompoknya.
Untuk itu saya ingin mencoba mendirikan usaha pakaian muslim untuk wanita baik untuk dewasa maupun untuk anak-anak, di suatu pasar dengan lokasi yang cukup mendukung atau strategis. Kemungkinan peluang tersebut ada karena saya melihat di sekitar pasar tersebut belum ada yang menjual pakaian muslim jadi belum ada saingan dalam berusaha. Apa lagi pasarnya buka setiap hari jadi masyarakat akan setiap hari atau lebih sering pergi ke pasar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena kebutuhan masyarakat tidak terbatas. Saya melihat peluang tersebut dari jumlah penduduknya banyak karena pasarnya terletak di daerah pemukuman yang padat penduduknya. Penduduknya kebanyakan sudah memiliki penghasilan tetap atau sudah memiliki penghasilan sendiri dan penduduknya lebih banyak yang beragama muslim. Sehingga saya memiliki peluang yang cukup besar untuk mendirikan usaha tersebut.
Jadi dalam mendirikan usaha disuatu pasar kita harus bisa melihat dari segi aspek demografis, geografis, psikografis dan kebiasaan masyarakat dalam membeli suatu barang. Karena itu akan mendukung kemajuan pasar. Apakah pasar tersebut dapat berkembang atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar